TAKTIK PENJUALANPRODUK ES KRIM MAGNUM
Wall’s sebagai perusahaan es krim dengan pangsa pasar
mencapai 45% di Indonesia menggunakan
berbagai macam media iklan dalam mempromosikan produknya.
ES KRIM MAGNUM |
Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Wall’s
Magnum terbilang unik. Setelah grand launching, keberadaan produk es krimWall’s
Magnum tiba-tiba sangat sulit dicari di pasaran. Kondisi tersebut menyebabkan
konsumen sulit mencari keberadaan Wall’s Magnum sehingga
konsumen
meluapkan keluhan, salah satunya di dalam social media. Wall’s Magnum telah
menyiapkan akun social media di beberapa tempat, diantaranya facebook dan
twitter. MyMagnumID adalah akun facebook dan twitter yang dikelola oleh Wall’s
Magnum untuk berperan aktif dalam memberikan informasi terbaru dan merespon
setiap konsumen yang mengirim pesan atau komentar kepada akun MyMagnumID.Selain
itu, MyMagnumID menyiapkan istilah Magnum Seeker yang berarti pencari es krim
Wall’s Magnum.Magnum Seeker bertugas menginformasikan dimana produk es krim
Wall’s Magnum dapat diperoleh dan anggotanya adalah konsumen Wall’s Magnum itu
sendiri.
Menghilangnya
Magnum ini memang dibuat agar fungsi Magnum Seeker berguna, ini juga
mempermudah agar tiap penikmat Wall’s Magnum langsung bisa dapat mengetahui
dimana Magnum tersebut bisa di dapat.
Magnum ini memposisikan produknya sebagai produk es krim premium tetapi juga
produk es krim massal. Magnum ada pada kalangan premium karena diasosiakan
dengan hal-hal yang bersifat premium, tetapi juga bersifat massal karena Wall’s
Magnum didistribusikan ke seluruh Indonesia. Pada positioning strategy
tersebut, maka Wall’s Magnum hanya mendistribusikan pada kalangan sosial
menengah-atas yang ada di seluruh Indonesia. Tetapi animo masyarakat Indonesia
terhadap promosi Wall’s Magnum sangat tinggi, tidak hanya kalangan yang menjadi
target Wall’s Magnum saja yang tertarik tetapi hingga semua lapisan masyarakat
ingin merasakan produk Wall’s Magnum. Hal ini yang menyebabkan keberadaan es
krim Wall’s Magnum sulit dicari di pasaran.
Penggunaan social media tidak terlepas dari strategi pemasaran word of mouth
(WOM) .Jadi pada saat di adakan launching, Magnum ini mengundang para
orang-orang penting yang sedang eksis saat ini, yaitu seperti dari kalangan sosialita
dan selebritas. Dengan adanya mereka, tentunya masyarakat yang sebagai
penggemar salah satu idolanya memakan Magnum, itu akan merasa ingin tahu
bagaimana rasa dari apa yang dimakan idolanya itu. Kondisi ini menyebabkan
terjadinya penyebaran informasi Wall’s Magnum secara word of mouth yang
difasilitasi oleh social media dan memberikan dampak yang sangat signifikan
terhadap penjualan es krim Wall’s Magnum.
Selain itu juga Magnum mempuyai Strategi dengan cara membuat iklan dari masing-masing
bagian. Maksudnya ialah konsumen yang kalangan atas, menengah dan bawah juga
pantas menikmatinya. Memang terkesan Magnum ini sebagai EsKrim yang
mahal dan untuk kalangan atas. Untuk menghindari anggapan tersebut, Magnum kini
mulai di jual di warung warung. Ini berarti Strategi Magnum yang di maksud agar
masyarakat berasumsi bahwa kini Magnum sudah ada di warung, berarti mereka
dapat dengan mudah mendapatkannya, beda dengan saat pertama kali Launching yang
agar dapat mendapatkannya perllu ke tempat khusus.
Adanya hal baru yaitu suatu bentuk sensasi baru yang unik, gigitan sempurna
pada lapisan atas coklat dan kualitas es krim yang lain dari yang lain.Kami
ingin menggabungkan semua level yang terbaik. Sebagai contoh, ada yang mengandung
saus yang dikombinasikan dengan coklat dan potongan brownies. Yang lain,
potongan almond yang lembut pada coklat dengan saus karamel. Dan kami
ingin semua ini ditawarkan dalam format yang menggugah, yang mana ini berarti
lebih pada bentuk es krim dalam tangkai ketimbang dalam wadah. Ini memberikan
daya tarik tersendiri, karena banyaknya pilihan dan juga inovasi baru.
Dilihat dari desain kemasan Dikembangkan melalui inovasi terbuka dengan rekanan
strategis, kemasan yang baru dan menarik secara visual adalah bagian tak
terpisahkan dari konsep alami yang berkelas. Desain yang cerdas mengena pada
konsep keseimbangan antara dampak lingkungan hidup yang minimal melalui
penggunaan materi-materi yang bisa diperbaharui dengan perlindungan produk yang
efektif. Hal lainnya adalah untuk menguatkan ritual konsumen: buka segel dan
buka kotak untuk menikmati produknya dalam kemasan lembut yang terbuat dari
selulosa; dikelilingi ‘emas’ di dalam karton. Pemikiran tentang kotak perhiasan
dalam desain fungsi dan grafis, setiap macamnya mempunyai warna khas sendiri
dalam kartonnya.
Magnum juga mempunyai prinsip ‘consumer is the King’.
Semua bergantung pada mereka. Saya harus tahu mereka, mulai dari umur,
jenis kelamin, social class , hingga kegiatan yang mereka lakukan selama
24 jam. Karena hal itu akan mempermudah komunikasi kami untuk mengenalkan
produk. Kedua, common sense dalam hal-hal yang sifatnya praktis.
Kadang strategi marketing cenderung fokus pada segmen tertentu saja. Misalnya,
produk A khusus hanya untuk konsumen tertentu. Padahal, jika menempatkan diri
sebagai konsumen, pandangan mereka belum tentu sama. Ini, kan, berkaitan dengan
psikologis konsumen, makanya harus dibuat sederhana dan mudah. Ketiga, harus
orisinal dalam bentuk kreasi yang dibuat. Mesti unik dan belum pernah ada di
tempat lain. Kalaupun sudah ada, buatlah inovasi baru.
jual viagra
ReplyDeletejual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
jual viagra asli jakarta
viagra asli
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
viagra jakarta
toko viagra
toko viagra asli jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
toko viagra asli di jakarta
agen viagra
agen viagra jakarta
agen viagra asli jakarta
agen viagra di jakarta
agen viagra asli di jakarta
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
obat kuat viagra
viagra asli
viagra
viagra asli
jual viagra